Kerajinan Karang Taruna Desa Gunung Jati - Order Hubungi 082328727867

  • Hubungi Penjual
  • Tanggal publikasi: 28/09/2018
    • Tegal, Bojong, Jawa Tengah, Indonesia


DESA Gunung Jati adalah desa yang terletak di dataran tinggi wilayah kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Mayoritas masyarakat desa itu bertani. Namun pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa tersebut punya inovasi lain. Bukan di bidang usaha tani, melainkan memproduksi berbagai kerajinan. Di antaranya kerajinan lampion dan miniatur dari limbah kayu.
Ikhwal usaha kerajinan itu berawal dari gendu-gendu rasa Ketua Karang Taruna Desa Gunung Jati, Akil Zidan dengan anggotanya. Gendu-gendu rasa saat nongkrong sambil ngeteh. Akil Zidan, Azi, Kholik, Fifai, Asik dan Leli diskusi tentang mengubah atau membentuk para pemuda dan pemudi Karang Taruna yang kreatif dan punya karya. Tak hanya kumpul-kumpul kosong.
Kholik mempunyai ide bikin lampion. Rifai siap membuat miniatur dari bahan limbah bambu, pelepah pisang dan kayu. Leli membuat bunga akrilik. Ide dan gagasan itu diwujudkan. Tidak hanya wacana. Dan, itu bukan hal yang gampang.
Upaya produksi sudah diwujudkan. Sesuai bidang kemampuan anggota Karang Taruna itu. Namun kendala pemasaran dan sedikitnya pesanan nyaris membuat putus asa. Namun mereka tidak menyerah.
"Saya enggak menyerah,” ujar Akil Zidan saat ditemui di ruang produksi.
Suara musik mengiringi Akil, Rifai, Kholik dan Azi berkarya di ruang produksi. Tempat milik Akil, di RT 05 RW 01 Desa Gunung Jadi sengaja digunakan untuk ruang produksi. Azi terlihat membuat lampion. Ada sekitar puluhan lampion lampu, miniatur dari limbah kayu dan bunga akrilik yang terpajang di etalase.
“Saya pengen pemuda dan pemudi bisa mengeluarkan keahlian masing-masing,” cetus Akil.
Akil mengungkapkan kekuatan produksi kerajinannya. Yakni pada bahan mentah yang dipakai. Di antaranya memakai kayu limbah jenis jati dan mahoni. “Selain kayu itu, kerajinan mudah retak,” ungkapnya.
Kayu limbah itu dipakai untuk membuat miniatur. Selama ini banyak kayu limbah di desanya kurang termaanfaatkan dengan baik. Limbah-limbah yang tidak dipakai itu kini menjadi barang bernilai.
Seiring berjalannya waktu, karya pemuda Karang Taruna Desa Gunung Jati makin banyak. Miniatur perahu, rumah pohon, jam dinding, rumah gazebo, dan banyak lainnya sudah dihasilkan. Juga berbagai bunga akrilik dan lampion.
“Rencananya, kami akan menitipkan hasil kerajinan ini ke toko-toko yang di kenal. Saya yakin, rezeki sudah diatur. Asal mau berusaha. Benang jadi uang, akar jadi dolar,” kata Akil bersemangat.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Bojong Arman mengapresiasi kreativitas Karang Taruna Desa Gunung Jati. Bahkan ia berencana mengkordinasikan dengan berbagai pihak untuk membuka pameran kerajinan mereka di Obyek Wisata Guci.
“Pameran bisa setiap hari Minggu,” ujar Arman.
Tidak hanya untuk Karang Taruna Desa Gunung Jati, Arman siap membantu proses pengembangan usaha atau kerajinan yang dihasilkan karang taruna desa di Kecamatan Bojong.
Anda berminat memiliki hasil kerajinan mereka, silakan hubungi 082328727867 (kholik).



Result 0 votes
Admin Potji
0 votes
Share by email Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Pin on Pinterest

Alexa POTJI

Visitor POTJI

Flag Counter

Informasi berguna

  • Hindari penipuan dengan bertransaksi langsung atau membayar dengan PayPal
  • Jangan pernah membayar dengan Western Union, MoneyGram atau layanan pembayaran sejenis
  • Situs ini tidak pernah terlibat dalam transaksi apapun, dan tidak menangani pembayaran, pengiriman, jaminan transaksi, memberikan layanan wasiat dari pihak ketiga, atau menawarkan "perlindungan pembeli" atau "sertifikasi penjual""

Produk IKM terkait