Produksi Kuningan Permainan Bola Bekel

  • Hubungi Penjual
  • Tanggal publikasi: 11/09/2018
    • Tegal, Tegalwangi, Jawa Tengah, Indonesia


DI era milenial, banyak permainan tradisional yang hampir punah. Salah satunya permainan bola bekel. Biasanya bola bekel dimainkan anak perempuan hingga wanita dewasa. Alat yang digunakan untuk bermain yaitu bola bekel kecil yang terbuat dari karet dan 10 biji cangkang kerang atau kuningan.

Sudah jarang kita melihat permainan bola bekel. Namun ternyata masih ada yang memproduksi alat permainan tersebut. Salah satunya yaitu Rolis, warga Tegalwangi Kecamatan Talang, Kab. Tegal. Biar pun sekarang permaina anak-anak sudah modern, Rolis terus membuat kerajinan biji bekel. Tempat produksinya di belakang rumahnya, di desa Tegal Wangi Jl. Mawar RT 12/04.

“Usaha ini turun-temurun dari bapak saya. Dulu di sini terkenal dengan dusun persedokan. Mayoritas pengrajin sedok. Dengan kemajuan jaman dan ada sendok stainlis, akhirnya pengrajin sendok tenggelam,” ceritanya.

Pada tahun 2002, Ayah Rolis melanjutkan kerajian pembuatan biji bekel. Setelah ayahnya tutup usia, usaha biji bekel dilanjutkan Rolis sampai sekarang.

“Banyak orang yang bertanya, mas kenapa bikin bola bekel, kan permainan itu dah punah dan jarang dimainkan anak-, coba ganti dengan kerajinan apa biar maju,” ujar Rolis.

Tapi Rolis tidak pantang mundur. Ia terus membuat biji bekel. Buktinya sampai sekarang ia masih bikin dan mengirim biji bekel dengan lancar. “Saya tidak akan meninggalkan usaha biji bekel ini. Ini usaha warisan dari alm. bapak saya.”

Proses pembuatan alat permainan bekel dari kuningan cukup gampang. Rolis beli besi kuningan ronsok. Lalu dilembur dengan suhu panas hingga kuningan cair. Kemudian dicetak. “Setelah dicetak, di potong, dan dikikir.”

Untuk pemotongan, Rolis mempunyai karyawan sendiri. Dan untuk pengikiran, dipercayakan ke buruh lepas warga sekitar. “Setelah jadi, barang diantar ke bos saya. Kalau bos tidak datang ke sini,” tutur Rolis. (*)



Admin Potji
0 votes
Share by email Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Pin on Pinterest

Alexa POTJI

Visitor POTJI

Flag Counter

Informasi berguna

  • Hindari penipuan dengan bertransaksi langsung atau membayar dengan PayPal
  • Jangan pernah membayar dengan Western Union, MoneyGram atau layanan pembayaran sejenis
  • Situs ini tidak pernah terlibat dalam transaksi apapun, dan tidak menangani pembayaran, pengiriman, jaminan transaksi, memberikan layanan wasiat dari pihak ketiga, atau menawarkan "perlindungan pembeli" atau "sertifikasi penjual""

Produk IKM terkait