Latopia Sauki – Order 085742004115

  • Hubungi Penjual
  • Tanggal publikasi: 17/09/2018
    • Tegal, Dukuhturi, Jawa Tengah, Indonesia


Berkunjung ke luar kota, tidak terasa lengkap jika kita belum membeli oleh-oleh makanan khas dari kota tersebut. Termasuk saat kita berkujung ke Tegal. Tegal memiliki makan khas yang selalu dijadikan buah tanggan para pelancong. Makanan khas Tegal yang sudah ada dari dulu. Salah satunya kue Latopia.
Kue Latopia merupakan kue kering yang mirip dengan kue Bakpia yang ada di Yogakarta. Kemiripannya dari segi isi maupun cara pembuatannya. Tetapi Latopia dengan Bakpia memiliki beberapa perbedaan, yaitu bentuk Latopia lebih besar dibandingkan dengan Bakpia. Selain itu rasa Latopia lebih gurih dan renyah, karena Latopia lebih kering dibandingkan dengan Bakpia.
Oki, nama panggilan Ali Sauki, adalah salah satu pemuda yang ikut terjun dalam usaha latopia. Oki dulunya pekerja di salah satu perusahaan swasta dan juga sebagai mahasiswa Poltek.
Setelah habis kontrak kerja, Oki bingung untuk berkerja. Tidak sengaja Oki main ke tempat teman yang pembuat latopia. Awalnya Oki tidak tertarik dengan usaha latopia. Setelah Oki coba menghitung pengelolaan usaha Latopia, akhirnya Oki tertarik mencoba.
Pada Oktober 2016, setelah ibunya tutup usia, Oki mencoba membuat usaha latopia. Dengan modal Rp 1,5 juta, Oki membeli peralatan open, kompor gas dan bahan pembuat latopia dengam beli kiloan di warung.
Pertama membuat kue latopia gagal, tapi Oki tidak menyerah. Setiap kegagalan Oki selalu perbaiki. Awalnya oki membuat latopia kacang ijo, dengan banyak masukan dari temen teman, Oki terus memperbaiki pembuatan latopia. Kue latopia, Oki jual di teman-teman lewat online/facebook.
Bahan utama Latopia tepung terigu. Dengan berkembangkannya usaha latopia, Oki menginovasi rasa latopia. Isinya bermacam-macam rasa. Mulai dari rasa kacang ijo, coklat, keju dan rasa buah-buahan lainya.
Proses pembuatan kue ini dibagi menjadi dua. Pertama dengan membuat adonan untuk kulit Latopia. Kedua adonan untuk isinya.
Setelah kedua adonan dibuat kemudian dicampur menjadi satu yang dibentuk bulat dan kotak dan isi sesuai rasanya. Setelah adonan dibentuk barulah kue Latopia dimasukan dalam oven agar kering selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang dan dingin barulah kue Latopia dibungkus dalam kemasan dan dijual ke konsumen.
“Dulu rasa Latopia hanya kacang ijo saja, dan memberikan nama usaha "Latopia Suaki" sesuai nama saya," ujar Oki.
Sekarang di tempat usahanya, di rumah Oki, berkembang menjadi beberapa rasa yaitu rasa coklat, sari buah dan keju. Ia yakin semua rasa Latopia disukai pelanggannya.
Untuk harga kue Latopia, dia memasang mulai dari harga Rp 1.500/biji dengan semua rasa. “Harga yang dijual di sini memang lebih terjangkau, karena kami menjual produk premium dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Jadi dari dulu hingga sekarang rasanya tidak berubah,” paparnya.
Dalam pemasaran. Oki suka menaruh kue Latopia di warung sekitar deket rumahnya. Ia juga mempunyai bakul keliling.
Dalam satu hari Oki membuat kue Latopia sampai 500 biji bahkan lebih. “Apalagi kalau banyak pesanan, saya kualahan,” ujarnya.
Kini banyak orang yang datang ke rumah beli Latopia Suaki. Kebanyakan yang datang ke rumah membeli latopia buat oleh oleh khas Tegal.
Rumah yang sederhana dan disulap buat ruang kerja Oki dalam menginovasi kue latopia beralamat di Jl. Sadewa Desa Kademangaran RT 05/01 Kecamatan Dukuhturi Kab. Tegal. Order Latopia Sauki bisa lewat HP 085742004115.

Result 0 votes
Admin Potji
0 votes
Share by email Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Pin on Pinterest

Alexa POTJI

Visitor POTJI

Flag Counter

Informasi berguna

  • Hindari penipuan dengan bertransaksi langsung atau membayar dengan PayPal
  • Jangan pernah membayar dengan Western Union, MoneyGram atau layanan pembayaran sejenis
  • Situs ini tidak pernah terlibat dalam transaksi apapun, dan tidak menangani pembayaran, pengiriman, jaminan transaksi, memberikan layanan wasiat dari pihak ketiga, atau menawarkan "perlindungan pembeli" atau "sertifikasi penjual""

Produk IKM terkait