Coklat "Rijk-o" – Hubungi Riyko Pintadewi 08886600053

  • Hubungi Penjual
  • Tanggal publikasi: 26/07/2018
  • Perubahan: 26/07/2018
    • Tegal, Lebaksiu, Jawa Tengah, Indonesia

BANYAK yang berpikir ibu rumah tangga tidak bisa berkarya. Juga berpikir menjamurnya bisnis kuliner, khususnya coklat, membuat peluang para wirausaha baru tertutup. Tidak sedikit juga yang pesimis, bisnis ini tidak akan berkembang atau kalah dengan perusahaan brand besar.
Riyko Pintadewi, pemilik usaha Coklat "Rijk-o" Premium Chocolate di Lebaksiu mematahkan pikiran itu. Lulusan SMA di Semarang ini, yang sempat bekerja kantoran di perusahaan swasta ternama di Semarang, berani memutuskan mundur kerja. Riyko memilih bisnis coklat sebagai jalan hidup dan ikut sang suami pindah ke Tegal tahun 2012.
“Kami tidak bisa membuat Anda terlihat manis di foto. Tapi kami bisa membuat foto Anda terasa manis sampai gigitan terakhir.” Demikian moto yang diusung coklat "Rijk-o". Janji manis itu mampu menggulirkan usaha kecilnya dan mencetak laba tidak sedikit bagi Riyko sekeluarga.
Usaha tersebut berawal dari kesukaan membantu kakaknya membuat coklat di Semarang pada tahun 2012. Pada pertengahan 2012, Riyko Pintadewi memutuskan banting setir menjadi wirausaha coklat rumahan.
Modal awal hanya sekitar Rp 300 ribuan. Yang digunakan untuk membeli cetakan dan warmer elektrik/alatmelelehkan coklat, cokelat batang warna, dan bahan-bahan lainnya. “Saat itu, kami fokus di coklat karakter. Dengan modal segitu, bisa membuat beberapa coklat karakter.”
Awalnya, upaya pemasaran Riyko Pintadewi cukup sederhana. Riyko Pintadewi hanya menjual coklat karakter di sekolahan di sekolah Slawi dan Tegal. Yang menjual di sekolah, anaknya sendiri. Ternyata banyak yang suka dan laku berat.
Akhirnya Riyko Pindadewi memperbanyak atau memproduksi coklat karaternya. Ternyata coklat karakter itu juga disukai anak-anak yang tinggal di sekitar rumahnya di Perumahan Geriya Pendawa Asri Blok A2 No 16 Kecamatan Lebaksiu Kab Tegal. Selain rasanya enak, harga coklat karakter cukup murah. Jadilah anak-anak tersebut konsumen setia dan juga corong promosi produk Riyko.
Agar segmen pasarnya bertambah, ia pun mulai mencari informasi dari internet dan juga belajar dari demo cara membuat coklat. Hasilnya, ia berhasil menciptakan produk coklat yang sesuai untuk segmen dewasa, yakni coklat dengan rasa.
Rasanya bermacam-macam, di antaranya pedas, abon, rempah, dan keju.
Sistem pemasaran pun ditambah dengan membuat inovasi dalam kemasan yang modern sesuai merek yang diusungnya, yakni "Rijk-o".
Tak ketinggalan, dia pun memanfaatkan jejaring sosial untuk memasarkan produknya. Produk coklat Riyko Pintadewi semakin dikenal. Tidak hanya di Tegal, kini cokelat produksi Riyko Pintadewi juga mulai dikenal di luar wilayah, luar kota dan luar provinsi, bahkan sampe ke Malaysia, dengan sistem penjualan dan pengiriman lewat online.
Seperti pengusaha kreatif lainnya, Riyko Pintadewi tidak berhenti berkreasi. Dia pun meluncurkan produk baru. Produk ini membuka pasar berupa cokelat untuk kebutuhan ulang tahun anak, souvenir pernikahan. Coklat "Rijk-o" sudah ada di MC Slawi dan Tegal, dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Tegal.
Pada tahun 2017, coklat "Rijk-o" sempat rehat satu tahun, karena Riyko mengurus sang ayah tercinta yang sedang sakit. Awal tahun 2018, ia memproduksi coklat lagi.
Kini dalam penjualan coklatnya, untuk coklat batangan dengan coklat rasa Rp.10.000, coklat karater satu toples besar Rp 80.000 dan satu toples kecil Rp 35.000.


Coklat "Rijk-o" bisa dipesan lewat online Facebook DURIAN KUPAS RAYA, email rykopintadewi@gmail.com, whatsApp 08886600053 ( Riyko Pintadewi )


Result 0 votes
Admin Potji
0 votes
Share by email Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Pin on Pinterest

Alexa POTJI

Visitor POTJI

Flag Counter

Informasi berguna

  • Hindari penipuan dengan bertransaksi langsung atau membayar dengan PayPal
  • Jangan pernah membayar dengan Western Union, MoneyGram atau layanan pembayaran sejenis
  • Situs ini tidak pernah terlibat dalam transaksi apapun, dan tidak menangani pembayaran, pengiriman, jaminan transaksi, memberikan layanan wasiat dari pihak ketiga, atau menawarkan "perlindungan pembeli" atau "sertifikasi penjual""

Produk IKM terkait