Tentang POTJI

POTJI adalah semacam “online showroom” (ruang pamer di dunia maya) bagi produk Kabupaten Tegal. Ada pun ruang pamer di dunia nyata direncanakan berlokasi di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA), di depan Terminal Slawi, dan LIK Takaru, Jalan Raya Dampyak Km.4.

POTJI adalah akronim dari “POrtal Tegal Jepangnya Indonesia”. Sebagai portal, diharapkan semua situs milik IKM di Kabupaten Tegal tersambung ke POTJI.COM. Sebagai situs milik Pemerintah Kabupaten, maka promosi besar-besaran dan terus-menerus akan dilakukan untuk mendongkrak popularitas POTJI.COM, baik di masyarakat Tegal maupun global.

Mncerminkan jiwa kewirausahaan, kecerdasan teknik dan keterampilan tangan yang berkembang turun-temurun di masyarakat Tegal. “Dilihat dari jiwa enterpreneurshipnya, Tegal ini sebenarnya Jepangnya Indonesia,” kata Agung Laksono, yang ketika itu menko kesra, saat berkunjung ke Tegal, Juli 2014.engapa disebut POTJI? Ada dua sebutan yang sangat kuat melekat pada Tegal. Pertama, “Tegal Jepangnya Indonesia” (TJI). Julukan ini berkaitan dengan kemampuan wong Tegal di bidang manufaktur khususnya logam.

Kedua, Tegal sebagai “negeri poci”. Berbeda dengan TJI, julukan sebagai “negeri poci” berkaitan dengan kebudayaan dan kesenian wong Tegal. Poci juga melambangkan warung Tegal (warteg) yang menjadi “rumah rakyat”, tempat mereka mencari kenyang, istirahat dan berbincang. Warteg, dan bukan gedung megah di senayan, rumah rakyat yang sebenarnya.“Dari Negeri Poci” adalah kumpulan puisi karya ratusan penyair yang tersebar di seluruh Indonesia. Tentu saja yang dimaksud dengan negeri Poci adalah Tegal.